​Peluang Pasar: Katering

artikel 1

Tahukah sahabat wirausaha bahwa data statistik penyedia makanan minuman Badan Pusat Statistik Indonesia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan perkembangan jumlah penduduk Indonesia yang semakin meningkat, serta kesejahteraan yang juga meningkat setiap tahunnya.

Hal ini menunjukkan bahwa bisnis penyedia makanan minuman dan katering terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Apalagi perkembangan pola hidup masyarakat yang mulai berubah beberapa tahun terakhir, dimana populasi pekerja di dunia industri semakin meningkat, yang tentu saja membutuhkan layanan katering dan penyedia makanan minuman untuk menunjang kelancaran pekerjaan.

Tentu hal ini menjadi peluang bisnis yang bagus untuk dilirik dan ditekuni. Apalagi bisnis katering memiliki banyak sekali keunggulan dan jaminan pembayaran dibanding bisnis lain, serta prosentase keuntungan yang rata-rata lebih besar dibanding dan resiko yang lebih kecil dibanding dengan penyedia makanan dan minuman lainnya.

Peluang Bisnis Katering, Keunggulan dan Kelebihan Bisnis Katering

Jika sahabat wirausaha pernah atau telah terjun dalam usaha penyedia makanan dan minuman, tentu sudah tahu suka dukanya menjadi penyedia makanan dan minuman. Hanya saja memang ada perbedaan antara penyedia makanan minuman biasa dengan Katering, karena ada banyak kelebihan bisnis katering diantaranya adalah:

  1. Bisnis Katering menyediakan makanan minuman berdasarkan pesanan atau kontrak baik jangka pendek atau jangka panjang, sehingga ada jaminan jumlah dan volume makanan minuman yang disediakan dan ada jaminan pembayaran.
  2. Bisnis Katering umumnya memperoleh Uang Muka/ Down Paymen pada saat pemesanan, sehingga DP tersebut dapat dijadikan modal belanja untuk menyediakan pesanan. Sehingga Sahabat Wirausaha tidak perlu menyediakan padat modal.
  3. Bisnis Katering atau penyedia makanan minuman pada umumnya memiliki standar harga dari cita rasa yang disajikan, sehingga sahabat hanya perlu membuat masakan dengan cita rasa yang khas dan lezat untuk memperoleh pelanggan dan harga yang cenderung lebih mahal. Jika dihitung dari penyediaan bahan baku yang sama, tentu akan mencetak keuntungan yang lebih.
  4. Bisnis Katering atau penyedia makanan minuman relative diperlukan masyarakat setiap hari karena menyangkut kebutuhan pokok hajat hidup yaitu makan minum, sehingga jika sahabat telah berhasil membuat satu icon atau brand citarasa yang khas maka masyarakat akan terus mencari dan membutuhkannya setiap saat.

Memilih Jenis Bisnis Katering

Ada banyak sekali Jenis Katering yang bisa anda jadikan acuan dan bahan pembelajaran. Tentu sahabat dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan untuk memperkecil faktor resiko.